Minggu, 08 Februari 2015

Sandal vs Sepatu

Sandal vs Sepatu...? Mungkin netizen bingung dengan judul diatas. Kalau bingung, saya juga. Saya bingung mau cari judul apa yang pas buat postingan kali ini. Meski begitu, topiknya tetap sandal dan sepatu. Ada hal-hal yang ingin saya bahas melalui sudut pandang saya.

Pernahkah netizen berpikir yang dimaksud sandal itu apa dan sepatu itu apa sebenarnya? Mungkin kita menjawab, sandal dan sepatu hanyalah alas kaki. Jawaban ini juga tidak salah, namun perlu diketahui bahwa meski berupa alas kaki tapi ada perbedaan mendasar diantara keduanya. Perbedaan tersebut adalah yang satunya terbuka dan yang satunya lebih tertutup.

Sandal "Terbuka"

Sepatu "Tertutup"
Setelah paham dengan perbedaan tersebut, saya akan membahas tentang sandal terlebih dahulu. Seringkali kita mendengar istilah sandal jepit, selop, sandal gunung, dan lain-lain. Kita akan melihat cara penggunaan sandal. Umumnya sandal dipakai dengan dijepit atau tanpa dijepit. Emangnya ada sandal yang tidak dijepit? Saya akan bilang ada. Namun, pada umumnya orang-orang akan bilang sandal jepit itu adalah sandal untuk ke wc atau ke warung. Terbuat dari karet, tipis, dan "kampungan". Padahal banyak jenis ini yang terbuat dari kulit, kayu, tebal dan "trendy". Tidak percaya? Coba lihat ini :

/

Tampak bukan perbedaannya? Meski begitu, caranya sama-sama dijepit. Dijepit antara jempol kaki dan jari telunjuk kaki. 

Ada lagi jenis yang tidak dijepit, jenis ini kebanyakan buat santai atau jalan-jalan keluar. Selop adalah contoh pas buat jenis ini. Sandal ini tidak akan membuat sakit sela jempol dan meninggalkan pola belang yang unik dibandingkan dengan yang jepit.
Selop wanita

Selop pria
Nah, itu untuk yang sendal. Bagaimana dengan sepatu? Umumnya sepatu menggunakan cara yang sama dalam penggunaanya. Tidak ada yang pakai sepatu dengan cara dijepit. Saya hanya membedakan sepatu menurut kegunaannya. Ada tiga kriteria disini, yaitu: 1. Sepatu formal, 2. Sepatu jalan/sekolah, dan yang ke-3. Sepatu khusus.

Sepatu formal adalah sepatu yang biasa dipakai untuk bekerja oleh para karyawan, PNS, pengusaha, dan sebagainya. Sepatu ini juga biasa dipakai dalam acara-acara yang bersifat formal. Umumnya kita mngenalnya dengan sepatu Pantofel. Sedangkan sepatu jalan/sekolah adalah sepatu yang biasa dipakai untuk jalan-jalan maupun yang dipakai untuk anak-anak sekolah. Boleh dibilang ini merupakan sepatu yang paling banyak dipakai oleh berbagai kalangan. Terakhir, sepatu khusus. Sepatu ini hanya dipakai untuk kegiatan khusus, instansi seperti militer dan sekolah yang berbasis militer. Kegiatan khusus ini bisa meliputi olahraga, snorkling, hiking dan semua kegiatan yang tidak bisa memakai sepatu biasa maupun sepatu formal.
Pantofel "Sepatu Formal"

Sepatu bola "Sepatu Khusus"

"Sepatu jalan/sekolah"

Sepatu Militer "Sepatu khusus"
Sekian dulu dari saya untuk postingan kali ini. Semoga postingan ini bermanfaat bagi yang membutuhkannya. Btw, ada yang tahu istilah "Sendal Sepatu"? Hehehe...

2 komentar:

  1. Trus klo yg di pake wanita identik hak tinggi itu sepatu atau sendal? Kan ada bagian yg terbuka

    BalasHapus
  2. Sepatu dan sendal benar semua hanya alas kaki dn selalu dibawah kaki..
    Lantas kenpa berbeda harga padhal sama-sama berada dibawah kaki.

    BalasHapus